Lokernas.com – Kanwil DJBC Sumbagtim adalah unit kerja vertikal di bawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan yang bertugas di wilayah Sumatera Bagian Timur. Tugas utamanya adalah menjadi fasilitator perdagangan untuk memperlancar ekspor-impor, memberikan asistensi industri, serta melakukan pengawasan dan mengoptimalkan penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai.
Dikutip dari Instagram @bckanwilsumbagtim diberitahukan saat ini Kanwil DJBC Sumbagtim membuka Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Dan Tenaga Kesehatan Di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur Tahun Anggaran 2026. Untuk detail selengkapnya simak di bawah ini.
PENGUMUMAN
NOMOR PENG-1/WBC.051/2025
TENTANG
PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) DAN TENAGA KESEHATAN DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH DJBC SUMATERA BAGIAN TIMUR
TAHUN ANGGARAN 2026
Dalam rangka memenuhi formasi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur Tahun Anggaran 2026, Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mendaftar pada posisi PPNPN dengan rincian posisi, kualifikasi pendidikan, jumlah formasi, syarat, dan ketentuan sebagai berikut :
1.Petugas Keamanan Dalam
Kode Posisi : PKDJumlah : 12
2.Cleaning Service
Kode Posisi : CSPria : Jumlah 6Wanita : Jumlah 4
3.Driver
Kode Posisi : DRVJumlah : 2
4.Receptionist
Kode Posisi : RCPJumlah : 2
5.Gardener
Kode Posisi GDNJumlah : 2
6.Teknisi
Kode Posisi : TEKJumlah : 2
7.Perawat
Kode Posisi : NRSJumlah : 1
A. Persyaratan Umum
Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP); Membuat daftar riwayat hidup/ Curriculum Vitae; Berpenampilan rapi; Mampu bekerja sama dalam tim; Memiliki kemampuan komunikasi yang baik; Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dalam persyaratan khusus; Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Unit Kesehatan Pemerintah (Puskesmas atau RS Pemerintah); Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dibuktikan dengan hasil tes laboratorium dan surat keterangan bebas narkoba dari Unit Kesehatan Pemerintah (Puskesmas atau RS Pemerintah); Tidak pernah dihukum penjara atau kurangan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena suatu tindak kejahatan; Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku; Bersedia bekerja lembur apabila dibutuhkan; Tidak sedang bekerja/terikat kontrak dengan instansi pemerintah/ perusahaan lain;Tidak menuntut untuk diangkat menjadi CPNS/PNS/ASN di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur, Kementerian Keuangan; dan Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi.
B. Persyaratan Khusus
1. Petugas Keamanan Dalam (Kode PKD)
Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar baru), 50 tahun (bagi pegawai lama) per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat; Tinggi minimal 165cm; Memiliki Sertifikat Pelatihan Keamanan / Satpam; Dapat mengemudikan kendaraan Roda 4 dengan transmisi manual ataupun automatic dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) A; Bersedia bekerja dengan sistem shift; Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja; Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.
2. Cleaning Service (Kode CS)
Pria atau Wanita dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar baru), 50 tahun (bagi pegawai lama) per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat; Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja; Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.
3. Driver (Kode DRV)
Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar baru), 50 tahun (bagi pegawai lama) per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat; Dapat mengemudikan kendaraan Roda 4 dengan transmisi manual ataupun automatic dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) A; Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja; Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.
4. Receptionist (Kode RCP)
Wanita dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 25 tahun per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat; Berpenampilan Menarik Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja; Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.
5. Gardener (Kode GDN)
Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 45 tahun per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat; Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja; Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga
6. Teknisi (Kode TEK)
Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat; Diutamakan dapat mengemudikan kendaraan Roda 4 dengan transmisi manual ataupun automatic dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) A; Diutamakan memiliki Sertifikat Keahlian di bidang Teknik; Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja; Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga
7. Perawat (Kode NRS)
Wanita dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 30 tahun per tanggal 1 Januari 2026; Lulusan pendidikan minimal D3 Keperawatan atau sederajat; Memiliki Surat Tanda Regsitrasi (STR) yang masih berlaku; Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;
II.PERIODE PENDAFTARAN
Penyampaian Berkas Lamaran : 20 Nopember s.d. 15 Desember 2025Seleksi Adminitrasi : 16 Desember s.d.17 Desember 2025Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 18 Desember s.d. 19 Desember 2025Seleksi Kompetensi dan Wawancara, yang terdiiri dari; a. Test Fisik (Bagi PKD) : 20 Desember s.d. 21 Desember 2025b.Wawancara : 22 Desember s.d. 23 Desember 2025Pengumuman Hasil Seleksi : 30 Desember 2025
III. PENDAFTARAN
a. Untuk pengiriman melalui pos/ekspedisi/antar langsung surat lamaran ditujukan kepada:
PANITIA PENERIMAAN PPNPN DAN TENAGA KESEHATAN
KANWIL DJBC SUMATERA BAGIAN TIMUR
JL. R. SOEKAMTO NO.48, PALEMBANG 30127
2. Pengiriman surat lamaran dan dokumen persyaratan diterima mulai tanggal 20 Nopember 2025 Pukul 08.00WIB dan diterima paling lambat tanggal 15 Desember 2025 Pukul 17.00WIB.
3. Surat lamaran disertai dengan dokumen persyaratan yang disusun secara berurutan (dari atas) sebagai berikut:
Pas foto berwarna terbaru (maksimal 6 bulan terakhir) dengan ukuran 4×6 sebanyak 1 (satu) lembar; Fotokopi KTP; Surat lamaran kerja; Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae; Surat Keterangan Sehat dari Unit Kesehatan Pemerintah;Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Unit Kesehatan Pemerintah, dilengkapi dengan bukti hasil cek laboratorium; Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku; Fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisasi; Fotokopi sertifikat pelatihan keamanan/satpam yang dilegalisasi bagi pelamar posisi Petugas Keamanan Dalam (PKD); Fotocopy SIM A bagi pelamar posisi Petugas Keamanan Dalam (PKD), Driver (DRV), dan Teknisi (TEK); Fotocopy STR bagi pelamar posisi perawat (NRS); Surat keterangan bekerja sebelumnya (apabila sudah memiliki pengalaman kerja); Sertifikat / Piagam di Bidang Olahraga (apabila memiliki).
4. Menyampaikan lamaran dalam amplop tertutup disertai kelengkapan dokumennya serta mencantumkan kode posisi yang dilamar pada pojok kanan atas.
IV. Lain – lain
Seluruh pengumuman dan informasi terkait penerimaan PPNPN dan Tenaga Kesehatan di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur dapat diakses melalui akun Instagram @bckanwilsumbagtim, dan Pengumuman Tertulis di Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur, Jl. R. Soekamto No. 48, Palembang. Seluruh biaya yang dikeluarkan oleh pendaftar/pelamar tidak ditanggung oleh Panitia. Apabila selama proses seleksi sampai dengan penetapan kelulusan diketahui bahwa pendaftar/pelamar memberikan informasi/data yang tidak benar, Panitia berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan sebagai pendaftar/pelamar dalam rangka pelaksanaan administrasi. Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap/proses seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak memungut biaya apapun kepada pendaftar/pelamar. Kelulusan pendaftar/pelamar ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi masing-masing. Apabila ada pihak yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan.
DOKUMEN PENGUMUMAN
