Lokernas.com – Universitas Muhammadiyah Semarang adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Pada awal berdirinya, Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) adalah Perguruan Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Semarang (PTKMS) yang telah berdiri sejak tahun 1982, terdiri dari 3 akademi yaitu: Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Analis Kesehatan. Dengan tujuan untuk mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah, mulailah dirintis pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang.
Menjadi Universitas Unggul Berkarakter yang Berbasis Teknologi dan Bereputasi Internasional
Misi :
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakt yang berkualitas dan relevan dengan tantangan global.Mengembangkan suasana akademik dan tata kelola yang profesional.Mengembangkan kerjasama yang luas baik dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.Mengembangkan karakter kewirausahaan di kalangan sivitas akademikaMengimplementasikan nilai-nilai Islami pada aspek kehidupan kampus
Dikutip dari https://karir.unimus.ac.id/ diinformasikan tentang Rekrutmen Pegawai Universitas Muhammadiyah Semarang untuk posisi Dosen & Tenaga Kependidikan. Detail pengumuman selengkapnya simak di bawah ini.
a. Umum
I. DOSEN
Warga Negara Indonesia Laki-laki/Perempuan dan beragama Islam, dibuktikan dengan kartu identitas (KTP).Berusia maksimal 40 tahun.Jenjang Pendidikan IPK Minimal 3.75 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi minimal Baik sekali.Tidak berstatus sebagai pegawai tetap di instansi lain.Memiliki nilai TOEFL minimal 500.
II. TENDIK
Warga Negara Indonesia Laki-laki/Perempuan dan beragama Islam, dibuktikan dengan kartu identitas (KTP).Berusia maksimal 30 tahun.Jenjang Pendidikan IPK Minimal 3.00 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi minimal Baik sekali.Mahir mengoperasikan komputer dan Microsoft Office serta aplikasi administrasi penunjang lainnya sesuai dengan formasi yang dilamar.
B.TAHAPAN SELEKSI
01-05 Agustus 2025 : Pendaftaran peserta dan pengumuman seleksi Tahap 1 (Seleksi Administrasi) secara online melalui website https: karir.unimus.ac.td08 Agustus 2025 : Seleksi Tahap 2 (Ujian CBT, Kompetensi Formasi Administrasi, dan Ujian Psikotes).12 Agustus 2025 : Seleksi Tahap 2 (Ujian Kompetensi Formasi Laboran, TIK, dan Bendahara serta Microteaching Dosen).20 Agustus 2025 : Pengumuman seleksi tahap 2 secara online melalui website https://karir.unimus.ac.id/.21 Agustus 2025 : Seleksi Tahap 3 (Ujian Wawancara dan AIK Dosen dan Tendik).27 Agustus 2025 : Pengumuman penerimaan pegawai (Dosen dan Tendik).29 Agustus 2025 : Pemberkasan dan Penandatanganan Perjanjian Kerja.01 September 2025 : Mulai aktif bekerja sebagai pegawai.
Keterangan: Tanggal pelaksanaan dapat berubah sewaktu-waktu. Mohon bagi peserta untuk selalu memantau website https://karir.unimus.ac.id/ untuk informasi lebih lanjut.
1.DOSEN
1.Dosen S1 Teknik Mesin
2.Dosen S1 Rekayasa Teknik Sipil
3.Dosen S1 Kedokteran
4.Dosen S1 Kesehatan Masyarakat
5.Dosen S1 Ilmu Kelautan
6.Dosen S1 Pendidikan Kimia
7.Dosen Profesi Dietsien
8.Dosen S1 Ilmu Keperawatan
1.Pustakawan
2.Staff Administrasi Akademik & Umum
3.Staff Keuangan
4.Security Analyst, Web Programmer, Teknisi Komputer dan Jaringan
5.Laboran Hewan Coba
6.Ekspedisi
Buka website https://karir.unimus.ac.id/ untuk melakukan pengisian data pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan.Pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran sebanyak 1 (satu) kali.Pelamar wajib mengisi seluruh formulir yang tertera pada laman pendaftaran.Pelamar wajib mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan formasi yang dilamar sebagai berikut: a. Surat lamaran yang ditujukan kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang dengan menyebutkan formasi yang dilamar, ditulis tangan dengan tinta hitam atau diketik dengan rapi dan ditanda tangani. b. Curriculum Vitae (CV). c. Scan KTP, bewarna dan terlihat jelas. d. Pasfoto terbaru 4×6 bewarna dengan background biru/merah. e. Scan Ijazah dan Transkrip Asli/Legalisir (pendidikan awal sampai terakhir), bewarna dan terbaca jelas. f. Syarat khusus/tambahan sebagaimana tercantum pada persyaratan tiap formasi yang dilamar. g. Sertifikat TOEFL, bewarna dan terlihat jelas. h. Sertifikat kompetensi atau sejenisnya, bewarna dan terlihat jelas.Berkas unggahan masing-masing dokumen berupa file PDF (khusus Pasfoto 4×6 dalam format .jpg/.png) dengan ukuran dibawah 1 MB.
a. Seleksi Tahap 1 (Administrasi)
Data dan unggahan dokumen pelamar akan diseleksi dan diumumkan oleh panitia rekrutmen pada tanggal 05 Agustus 2025.Pelamar dapat mengakses website https://karir.unimus.ac.id/ untuk melihat pengumuman maupun informasi lanjutan dari rangkaian kegiatan rekrutmen.Ketetapan kelulusan seleksi administrasi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib menghadiri rangkaian kegiatan rekrutmen yang telah ditetapkan.b. Seleksi Tahap 2 (Ujian CBT, Kompetensi Keahlian Tendik/Microteaching Dosen, dan Ujian Psikotes)
Peserta mengikuti seleksi Tahap 2 sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam pengumuman sebelumnya.Peserta yang tidak hadir pada saat seleksi berlangsung dengan alasan apapun, dinyatakan mengundurkan diri dari proses seleksi.Peserta hadir dengan menggunakan pakaian bebas rapi.Peserta yang dinyatakan lolos Seleksi akan diumumkan pada 15 Agustus 2025 melalui website https://karir.unimus.ac.id/.Ketetapan kelulusan seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
c. Seleksi Tahap 3 (Ujian Wawancara dan AIK)
Peserta mengikuti seleksi Tahap 3 sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam pengumuman sebelumnya.Peserta yang tidak hadir pada saat seleksi berlangsung dengan alasan apapun, dinyatakan mengundurkan diri dari proses seleksi.Peserta hadir dengan menggunakan pakaian bebas rapi.Peserta yang dinyatakan lolos Seleksi akan diumumkan pada 27 Agustus 2025 melalui website https://karir.unimus.ac.id/.Ketetapan kelulusan seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
F. PEMBERKASAN
Peserta yang dinyatakan lolos seluruh rangkaian rekrutmen pegawai (Dosen dan Tendik) Universitas Muhammadiyah Semarang Tahun 2025 wajib hadir melakukan pemberkasan pada tanggal 29 Agustus 2025.Berkas yang wajib diserahkan yaitu: a. Fotokopi KTP, bewarna dan terlihat jelas. b. Fotokopi KK dengan terlihat jelas. c. Ijazah Asli (Pendidikan terakhir). d. Fotokopi Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai (pendidikan awal sampai terakhir) dengan terlihat jelas. e. Fotokopi sertifikat yang disyaratkan atau sertifikat pendukung lainnya. f. Pasfoto bewarna ukuran 4×6 dengan background biru/merah sejumlah 2 (dua) lembar. g. Fotokopi sertifikat TOEFL dengan terlihat jelas.Semua berkas fisik yang diserahkan dimasukkan ke dalam amplop coklat.
Penandatanganan Perjanjian Kerja direncanakan diadakan tanggal 29 Agustus 2025 setelah pemberkasan.