Kejaksaan R.I. adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 329 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Lingkungan Instansi Pemerintah, Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/5999/M.SM.01.00/2024 tanggal 13 Desember 2024 tentang Persetujuan Pengadaan PPPK Melalui Pengadaan Instansi di Lingkungan Kejaksaan Agung RI, Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/2408/M.SM.01.00/2025 tanggal 28 Mei 2025 tentang Persetujuan Pedoman Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Melalui Pengadaan Tingkat Instansi di Lingkungan Kejaksaan Agung RI Tahun 2025, Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/2409/M.SM.01.00/2025 tanggal 28 Mei 2025 tentang Penyesuaian Kebutuhan PPPK Tahun 2025 Melalui Pengadaan Tingkat Instansi di Lingkungan Kejaksaan Agung RI dan Surat Deputi Bidang Sistem Informasi dan Digitalisasi Manajemen ASN Badan Kepegawaian Negara Nomor : 11130/B-KS.04.01/SD/E/2025 tanggal 23 Juni 2025 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan PPPK Tingkat Instansi di Lingkungan Kejaksaan Agung, Kejaksaan Republik Indonesia akan melaksanakan seleksi pengadaan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dengan ketentuan sebagai berikut:
Pengumuman Penerimaan CPPPK Tenaga Kesehatan T.A. 2025 Kejaksaan RI
PENGUMUMAN
NOMOR : PENG – 4/C/Cp.2/07/2025
TENTANG
PELAKSANAAN SELEKSI PENGADAAN
PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA
KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2025
Persyaratan:
Berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi sesuai batas usia pada jabatan yang akan dilamar;
Memiliki pengalaman kerja pada fasilitas kesehatan milik Kejaksaan RI/Pemerintah/Swasta sesuai dengan jenis formasi dan persyaratan jabatan
Tidak buta warna baik parsial maupun total, tidak cacat fisik, tidak cacat yang dilamar; mental, tidak bertato, dan tidak bertindik (khusus untuk laki-laki);
Memiliki ijazah sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serendah-rendahnya 2,75 (dua koma tujuh lima);
Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi dan program studi yang terakreditasi pada BAN-PT dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan;
Berasal dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah disetarakan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi;
Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku dan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar (bukan STR Internship);
Memiliki Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku dan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
FORMASI
DOKTER AHLI MUDA (SUB SPESIALIS)
Anak – Alergi Imunologi
Anak – Neonatologi
Anestesi – Anestesi Kardiovaskuler dan Critical Care
Bedah – Bedah Digestif
 Bedah – Bedah Onkologi
Obgyn – Fetomaternal (KFM)
Obgyn – Obstetri-Ginekologi Sosial
Orthopaedi dan Traumatologi – Onkologi Ortopaedi dan Rekonstruksi
Penyakit Dalam – Endokrin Metabolik dan Diabetes
Penyakit Dalam – Gastroenterohepatologi
Penyakit Dalam – Ginjal Hipertensi
Penyakit Dalam – Hematologi-Onkologi Medik
DOKTER AHLI MUDA (SPESIALIS):
Anak
Anestesiologi dan Terapi Intensif
Bedah Anak
Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetis
Bedah Saraf
Bedah Toraks Kardiovaskular
Bedah (Umum)
Dermatologi dan Venereologi
Farmakologi Klinik
Gizi Klinik
Jantung dan Pembuluh Darah
Kedokteran Forensik & Medikolegal
Kedokteran Jiwa atau Psikiatri
Mata
Mikrobiologi Klinik
Obstetri dan Ginekologi
Onkologi Radiasi
Patologi Anatomi
Patologi Klinik
Penyakit Dalam
Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru)
Radiologi
Rehabilitasi Medik
Saraf/Neurologi
Telinga Hidung Tenggorok – Bedah Kepala dan Leher
Urologi
DOKTER GIGI AHLI MUDA (SUB SPESIALIS)
Konservasi Gigi – Endodontik
DOKTER GIGI AHLI MUDA (SPESIALIS)
Bedah Mulut dan Maksilofasial
Ortodonsia
DOKTER AHLI PERTAMA (DOKTER UMUM)
DOKTER GIGI AHLI PERTAMA (DOKTER GIGI UMUM)
TENAGA KESEHATAN LAINNYA
Apoteker Ahli Pertama
Penata Anestesi Ahli Pertama
Terapis Gigi dan Mulut Ahli Pertama
Fisikawan Medis Ahli Pertama
Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli Pertama
Pranata Laboratorium Kesehatan Ahli Pertama
Psikolog Klinis Ahli Pertama
Tenaga Sanitasi Lingkungan Ahli Pertama
Administrator Kesehatan Ahli Pertama
Asisten Apoteker Terampil
Asisten Penata Anestesi Terampil
Bidan Terampil
Entomolog Kesehatan Terampil
Fisioterapis Terampil
Nutrisionis Terampil
Okupasi Terapis Terampil
Perawat Terampil
Perekam Medis Terampil
Radiografer Terampil
Refraksionis Optisien Terampil
Teknisi Elektromedis Terampil
Teknisi Gigi Terampil
Teknisi Transfusi Darah Terampil
Terapis Wicara Terampil
Epidemiolog Kesehatan Terampil
Pranata Laboratorium Kesehatan Terampil
Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Terampil
TATA CARA PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara online melalui halaman website https://sscasn.bkn.go.id/ mulai tanggal 02 Juli 2025 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) untuk membuat akun pendaftaran;
Pelamar yang telah berhasil memperoleh akun pendaftaran, hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) formasi (Formasi Umum atau Formasi Khusus) sesuai dengan kualifikasi pendidikan;
Pada saat pelamar melakukan pengisian biodata, pastikan memilih alamat domisili sesuai dengan KTP atau domisili lain sesuai dengan tempat tinggalnya saat ini;
Peserta mengunggah dokumen persyaratan pada halaman website https://sscasn.bkn.go.id/, yang terdiri dari:
Surat Lamaran yang ditujukan kepada Jaksa Agung Republik Indonesia (format Surat Lamaran dapat diunduh pada website https://biropeg.kejaksaan.go.id/ atau link unduhan yang disediakan pada postingan Instagram @biropegkejaksaan), ditulis tangan dan ditandatangani dengan pena warna hitam serta diberi meterai elektronik senilai Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah). Setelah dokumen ditandatangani, kemudian dipindai (scan) warna sesuai aslinya;
Hasil pindai (scan) asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) / Kecamatan bagi yang belum memiliki e-KTP;
Pasfoto terbaru menggunakan kemeja berwarna putih dengan latar belakang warna merah;
Surat Pernyataan dengan format yang ditentukan oleh BKN (format Surat Pernyataan dapat diunduh pada website https://biropeg.kejaksaan.go.id/ atau link unduhan yang disediakan pada postingan Instagram @biropegkejaksaan), diketik dengan komputer dan ditandatangani dengan pena warna hitam serta diberi meterai elektronik senilai Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah). Setelah dokumen ditandatangani, kemudian dipindai (scan) warna sesuai aslinya;
Surat Pernyataan Diri (format Surat Pernyataan Diri dapat diunduh pada website https://biropeg.kejaksaan.go.id/ atau link unduhan yang disediakan pada postingan Instagram @biropegkejaksaan), diketik dengan komputer dan ditandatangani pena warna hitam serta diberi meterai elektronik senilai Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah). Setelah dokumen ditandatangani, kemudian dipindai (scan) warna sesuai aslinya;
Hasil pindai (scan) asli Surat Keterangan mengenai pengalaman kerja yang berisi bidang pekerjaan pelamar, tugas dan tanggung jawab pelamar, serta masa kerja pelamar yang dikeluarkan oleh pimpinan unit kerja dengan ketentuan sebagai berikut:
Formasi Umum:
Kepala Puskesmas bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di Puskesmas;
Pimpinan/Kepala/Direktur Klinik bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di Klinik milik Pemerintah/Swasta;
Kepala Rumah Sakit bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di Rumah Sakit milik Pemerintah/Swasta;
Pejabat Administrator bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di unit kerja eselon III; atau
Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di unit kerja eselon II.
Formasi Khusus:
Direktur Rumah Sakit bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di Rumah Sakit Adhyaksa;
Pejabat Administrator bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di unit kerja eselon III; atau
Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di Klinik Pratama Adhyaksa pada Kejaksaan Tinggi/unit kerja eselon II.
Hasil pindai (scan) asli Ijazah Asli/Legalisir;
Hasil pindai (scan) asli Transkrip Nilai Akademik Asli/Legalisir;
Hasil pindai (scan) asli Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku sesuai dengan persyaratan jabatan;
Hasil pindai (scan) asli Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku sesuai dengan persyaratan jabatan;
Hasil pindai (scan) asli Surat Akreditasi Perguruan Tinggi atau tangkapan layar (Screen Capture) Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan dengan periode akreditasi pada saat kelulusan;
Hasil pindai (scan) asli Surat Akreditasi Program Studi atau tangkapan layar (Screen Capture) Akreditasi Program Studi dari BAN-PT dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan dengan periode akreditasi pada saat kelulusan;
Hasil pindai (scan) asli Surat Keterangan dari Rumah Sakit atau layanan kesehatan lainnya milik Pemerintah yang menerangkan bahwa pelamar tidak buta warna baik parsial maupun total, tidak cacat fisik, tidak cacat mental, tidak bertato, dan tidak bertindik (khusus untuk laki-laki) dengan ditandantangani oleh Dokter Pemerintah yang memiliki NIP.
INFO LOWONGAN LAINNYA, DAPAT DITEMUKAN DI: T.ME/DISNAKERJA