Lowongan Kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Informasi Lowongan kerja hari ini datang dari salah satu lembaga pemerintah Pengadaan Langsung Jasa Lainnya Tenaga Pusat Pengendali Data Stunting Direktorat Pelaporan dan Statistik. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau sering disingkat BKKBN merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Kesehatan. BKKBN mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana.

Sedang cari kerjaan ?

Kalian bisa jadikan informasi lowongan kerja dari BKKBN Jambi salah satu daftar perusahaan yang akan kamu lamar. Dan buat kalian yang ingin informasi  lowongan kerja lainnya cek aja gokerja.id. Gokerja.id selalu menyajikan informasi lowongan kerja terbaru baik untuk fresh graduate maupun berpengalaman. Disini kalian juga ada informasi lowongan kerja BUMN, Instansi Pemerintah, serta perusahaan perusahaan swasta lainnya baik perusahaan besar mupun perusahaan bonafit.

Siapa si yang gak pengin punya pekerjaan?

Mempunyai pekerjaan yang layak dan bisa bekerja di perusahaan impian menjadi salah satu impian para jobseker. Tapi perlu di ingat untuk mendapatkan sesuatu itu perlu banyak pengorbanan seperti waktu, tenaga, perjuangan dll. Untuk bisa bekerja di perusahaan impian apa lagi jika perusahaan tersebut merupakan perusanaan ternama, kalian harus bisa bersaing dengan kandidat lainya. Bukan hanya skill dan soft skill saja yang menjadi penentu kalian cepat dapat kerja, tapi kesiapan dan kesigapan juga sangat penting.

Mau ikut  Rekrutmen Satgas Stunting BKKBN Tahun 2023 Gelombang II

Yuk hapus kebiasaan buruk kalian saat melamar kerja.

1. MALES BACA, Gak tahu males atau kurang teliti sering kali ada pelamar yang tidak tahu syarat dan ketentuan melamar kerja. Misalnya tulisan syarat kandidat harus memiliki kemampuan menggunakan Ms Excel, tapi di CV tidak menuliskan kemampuan software tersebut dan sebagainya.

2. SUKA NUNGGU, Sering terjadi nih, pelamar menunggu hasil lamaran yang sudah dikirim keperusahaan, sebenarnya menunggu itu boleh, tapi alangkah baiknya jika pelamar terus mencari loker dan melamar di perusahaan manapun, dengan harapan :

Agar makin punya kesempatan besar dan peluar yang lebih besar untuk diterima di perusahan manapun
Agar waktu luang yang kamu miliki lebih produktif dan bermanfaat untuk melamar pekerjaan

Berikut ini Informasi Kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Buat kalian yang sedang mencari lowongan kerja, informasi lowongan kerja ini bisa jadi salah satu referensi buat kalian, dan berikut ini posisi dan kualifikasinya :

Pengadaan Langsung Jasa Lainnya Tenaga Pusat Pengendali Data Stunting Direktorat Pelaporan dan Statistik Tahun Anggaran 2024

Posisi :

Program Officer : 1 (satu) orang
Data Analyst : 2 (dua) orang
Operational Staff : 2 (dua) orang

Persyaratan Kualifikasi Administrasi/Legalitas :

Memiliki identitas kewarganegaraan Indonesia, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Paspor/Surat Keterangan Domisili Tinggal
Mempunyai NPWP
Curriculum Vitae (CV) pribadi yang minimal mencakup:

Informasi pribadi
Riwayat pendidikan
Pengalaman bekerja, termasuk magang
Pengalaman organisasi
Soft skil/hard skill

Analisis SWOT pribadi
Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
Melampirkan paklaring/surat keterangan kerja (apabila ada)
Melampirkan sertifikat keahlian & prestasi (apabila ada)
Mengajukan surat penawaran
Surat Pemyataan Pakta Integritas
Surat pemyataan yang ditandatangani Peserta yang berisi:

Tidak dikenakan Sanksi Daftar Hitam
Keikutsertaannya tidak menimbulkan pertentangan kepentingan pihak yang terkait
Tidak dalam pengawasan pengadilan dan/atau sedang menjalani sanksi pidana; dan
Tidak berstatus Aparatur Sipil Negara, kecuati yang bersangkutan mengambil cuti di luar tanggungan Negara.

1. Program Officer

Tugas & Tanggung Jawab :

Mengelola pelaksanaan program pusat pengendati data secara keseluruhan dan bertanggung jawab kepada Direktur Pelaporan dan Statistik
Mengoordinasikan kerja sama antar kementeriannembaga yang menjadi mitra di wilayah kerja program
Mengoordinasikan rekan kerja untuk menjalankan tugas sesuai dengan fungsi dan perintah atasan
Bertanggung jawab untuk melakukan monitoring implementasi program, proses manajemen data temasuk mengembangkan instrumennya
Membuat rancangan konsep kegiatan yang diseienggarakan Oleh pusat pengendali data
Membuat laporan pelaksanaan pelayanan pusat pengendali data secara berkala
Koordinasi dengan satgas PPS pusat, provinsi, dan TA kab/kota
Penugasan lain yang diminta Oleh user (Direktorat Pelaporan dan Statistik)

Keluaran/Output :

Laporan monitoring implementasi program, proses manajemen data termasuk pengembangan instrumen
Rancangan konsep yang diselenggarakan Oleh pusat pengendali data
Laporan pelaksanaan pelayanan pusat pengendali data secara berkala
Laporan Kemajuan Tugas yang dilaporkan kepada pemberi tugas dan dibahas pada minggu ke-4 setiap bulannya

Persyaratan :

Minimum mempunyai Pendidikan S1 Strata prodi Statistika, S1 Prodi Data Sains, S1 Prodi Kesehatan Masyarakat dengan pengalaman 2 tahun pada jabatan atau bidang sama atau S2 (Pascasarjana) Prodi Statistika, S2 Prodi Kesehatan Masyarakat (diutamakan peminatan Biostatistika dan Informatika Kesehatan)
Memiliki pengalaman daiam bidang manajemen data dan atau manajemen teknologi informasi
Memahami proses manajemen data
Memiliki pengetahuan dan minat yang tinggi datam project pusat pengendali data
Memahami substansi stunting
Mampu menjaga informasi konfidensial
Teliti, komunikatif, mudah beradaptasi, siap ditargetj dan terbiasa memimpin tim
Memiliki kemampuan dalam komunikasi dan bemegosiasi dengan baik
Mampu bekerja secara independen dengan pengawasan dan pengarahan yang minimum, serta dapat menyetesaikan pekerjaan sesuai dengan target waktu yang ditentukan

Pengalaman :

Berpengalaman dalam bekerja dan berkoordinasi dengan kementerian, OPD dan para pemangku kepentingan dalam program pemerintah berskala nasionat
Berpengalaman dalam salah satu atau lebih aspek berikut: merancang, mengimplementasikan, dan mengelola program atau kegiatan
Berpengalaman sebagai pemimpin tim sebuah event/kegiatan

Keterampilan Interpersonal :

Berkomunikasi secara efektif baik di forum internal dan eksternal, berbagi informasi dengan rekan kerja, klien, dan manajemen
Mempunyai inisiatif yang tinggi, proaktif dalam berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan
Memiliki orientasi pola pikir yang metodis dan logis, mampu memperhatikan detail, serta mempunyai skill organisasi secara efektif dan problem solver
Mampu mengambit keputusan secara cepat dalam berbagai kondisi
Mampu melaksanakan koordinasi dengan anggota maupun menciptakan teamwork yang baik

Kerjasama Tim :

Berdedikasi untuk bekerja dalam tim yang bekerja berjauhan secara daring maupun luring
Mempunyai kemampuan bekerja efektif dengan staf lain dengan berbagai latar belakang beragam

Manajemen Waktu :

Kemampuan untuk mengelola waktu dan memprioritaskan pekerjaan secara efisien
Mampu menangani berbagai pekerjaan secara efektif dan mengoordinasikan dengan tim untuk mencapai tenggat waktu yang ditetapkan Bersama

Bahasa :

Lancar dalam menggunakan Bahasa Indonesia secara lisan dan tertulis

2. Data Analyst

Tanggung Jawab :

Melakukan pengumpulan data, analisis data, dan strategi lain yang dapat mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistic
Mengolah dan menganalisis data menggunakan program aplikasi statistik, terutama pada penggunaan SPSS, R, dan Stata
Bekerja sama dengan tim pusat pengendali data untuk memprioritaskan kebutuhan data dan informasi
Melakukan query atau penyiapan data sebagai pemenuhan permintaan data dari internal, KIL, atau mitra Iainnya
Menyusun laporan hasil analisis data
Membuat substansi bahan paparan/fact sheet/po!icy brief secara berkala untuk keterbukaan data dan informasi
Penugasan lain yang diminta Oleh user (Direktorat Pelaporan dan Statistik)

Keluaran/Output :

Laporan hasit analisis data yang dilaporkan secara berkala
Substansi paparan/fact sheet/policy brief hasil analisis data
Dataset keluarga berisiko stunting, pendataan keluarga, maupun sistem infomasi keluarga sesuai dengan permintaan data dari internal, K/L, atau mitra lainnya

Kualifikasi :

Minimum mempunyai pendidikan S1 (Strata prodi Statistika, S1 Prodi Sains Data, atau S1 Prodi Kesehatan Masyarakat diutamakan peminatan Biostatistika)
Memiliki kemampuan tingkat lanjut/menguasai dalam mengoperasikan aplikasi statistik, terutama SPSS, R, dan Stata
Memahami proses manajemen data
Mampu menjaga informasi konfidensial
Memiliki kemampuan berpikir kritis dalam mengidentifikasi kekuatan dan ketemahan dari solusi altematif, kesimpulan, ataupun permasalahan yang ditangani
Memiliki kemampuan datam penulisan atau menerjemahkan hasil analisis ke datam tulisan sederhana untuk keperluan pubtikasi
Memiliki pengetahuan dan minat yang tinggi dalam proyek pusat pengendali data
Memahami substansi stunting
Teliti, komunikaüf, mudah beradaptasi, siap ditarget, dan terbiasa bekerja dalam tim
Mampu bekerja secara independen dengan pengawasan dan pengarahan yang minimum, serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target waktu yang ditentukan

Pengalaman :

Berpengalaman dalam bidang analisis atau manajemen data

Keterampilan Interpersonal :

Berkomunikasi secara efektif baik di forum intemal dan ekstemal, berbagi informasi dengan rekan kerja, klien, dan manajemen
Mempunyai inisiatif yang tinggi, proaktif dalam berkoordinasi dengan anggota pusat pengendali data
Memiliki orientasi pola pikir yang metodis dan logis, mampu memperhatikan detail, serta mempunyai skill organisasi secara efektif dan problem solver
Mampu melaksanakan koordinasi dengan anggota maupun menciptakan teamwork an baik

Kerjasama Tim :

Berdedikasi untuk bekerja dalam tim yang bekerja berjauhan secara daring maupun luring
Mempunyai kemampuan bekerja efektif dengan staf lain dengan berbagai latar belakang yang beragam

Manajemen Waktu :

Kemampuan untuk mengelola waktu dan memprioritaskan pekerjaan secara efisien
Mampu menangani berbagai pekerjaan secara efektif dan mengoordinasikan dengan tim untuk mencapai tenggat waktu yang ditetapkan Bersama

Bahasa

Lancar dalam menggunakan Bahasa Indonesia secara lisan dan tertulis.

3. Operational Staff

Tanggung Jawab :

Mengoperasikan portal pusat pengendali data (New SIGA, dashboard stunting, dan Portal Pendataan Keluarga)
Meiakukan unduh data untuk permintaan data rutin dan non-rutin
Membantu peran Data Analyst dalam mengolah dan menganalisis data
Membantu dalam mempresentasikan hasil analisis data
Mengelola dan menyiapkan konten berupa informasi seputar Pendataan Keluarga, Sistem Informasi Ketuarga (SIGA), dan Keluarga Berisiko Stunting (KRS) serta diunggah ke media sosial Direktorat Pelaporan dan Statistik
Mengelofa hotline dalam hal permintaan data, konfirmasi ketersediaan variabel atau data yang dibutuhkan, serta konfirmasi keterkaitan antar variabel pada data yang diberikan
Menyiapkan balasan surat permohonan data seperti: surat terima data, perjanjian penggunaan data, dan penyampaian data bagi user permohonan data
Memonitoring pemanfaatan data dan membuat factsheet pemanfaatan data sebagai laporan rutin
Penugasan lain yang diminta Oleh user (Direktorat Pelaporan dan Statistik)

Keluaran/Output :

Hasil unduh dan unggah data pada pusat pengendali data
Hasil pengolahan dan analisis data
Administrasi persuratan permintaan data
Hasil konten yang diunggah ke media sosial Direktorat Pelaporan dan Statistik

Kualifikasi :

Strata 1 Semua urusan
Wajib menguasai komputer dan mengoperasikan Ms.Office diutamakan Ms. Excel
Mampu menjaga informasi konfidensial
Mempunyai kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik
Memiliki pengetahuan dan minat yang tinggi dalam project pusat pengendali data
Tetiti, cekatan, mudah beradaptasi, siap ditarget, dan terbiasa bekerja dalam tim
Mampu bekerja secara independen dengan pengawasan dan pengarahan yang minimum, serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target waktu yang ditentukan

Pengalaman :

Minimal terlibat dalam tim kegiatan (event) tertentu

Keterampilan Interpersonal :

Berkomunikasi secara efektif baik di forum internal dan ekstemal, berbagi informasi dengan rekan kerja, klien, dan manajemen
Mempunyai inisiatif yang tinggi, proaktif dalam berkoordinasi dengan anggota pusat pengendali data
Memiliki orientasi pola pikir yang metodis dan logis, mampu memperhatikan detail, serta mempunyai skill organisasi secara efektif dan problem solver
Mampu melaksanakan koordinasi dengan anggota maupun menciptakan teamwork an baik

Kerjasama Tim :

Berdedikasi untuk bekerja dalam tim yang bekerja berjauhan secara daring maupun luring
Mempunyai kemampuan bekerja efektif dengan staf lain dengan berbagai latar belakang yang beragam

Manajemen Waktu :

Kemampuan untuk mengelola waktu dan memprioritaskan pekerjaan secara efisien
Mampu menangani berbagai pekerjaan secara efektif dan mengoordinasikan dengan tim untuk mencapai tenggat waktu yang ditetapkan Bersama

Bahasa :

Lancar dalam menggunakan Bahasa Indonesia secara lisan dan tertulis

Cara Daftar

Peserta Mengirimkan:

KTP/Paspor/Surat Keterangan Domisili Tinggal
Npwp
CV pribadi
Analisis SWOT pribadi
Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
Surat penawaran (format ada di hal 16 Dokumen Pemilihan)
Pakta Integritas (Format ada di hal 18 Dokumen Pemilihan)
Formulir isian kualifikasi (format ada di hal 19-21 Dokumen Pemilihan)
Poin 1 s/d 8  dikirimkan dalam 1 (satu) file pdf dan diberi nama dengan format: (Nama pesena_Posisi yang dilamar), lalu dikirim ke alamat email: [email protected] dengan Subject: (Nama peserta_Posisi yang dilamar)

Peserta mengunduh Format Dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung Jasa Lainnya (Poin B.6 s.d. B.8) di http://bit.ly/DokumenPendaftaranPPDS

Pendaftaran ditutup pada 18 Januari 2024

Artikel Lowongan Kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional pertama kali tampil pada Gokerja ID.